Pada umumnya, kurma berwarna coklat tua dengan tekstur yang kering serta memiliki rasa yang sangat manis. Namun perlu anda ketahui, terdapat pula kurma muda segar yang sangat bermanfaat dengan tekstur yang hampir mirip dengan buah apel. Perlu untuk anda ketahui, kurma muda sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia karena memiliki banyak nutrisi selain itu kurma muda juga bermanfaat untuk promil. Lalu bagaimanakah rasa kurma muda tersebut?

Rasa Kurma Muda

Mengetahui Jenis dan Rasa Kurma Muda

Buah kurma adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Arab Saudi yang biasa dihidangkan sebagai cemilan untuk berbuka puasa. Selain itu, kurma juga dapat digunakan sebagai buah tangan bagi mereka yang baru saja pulang dari menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Kurma banyak dikonsumsi karena memiliki rasa yang manis dan legit. Akan tetapi, terdapat beberapa orang yang kurang menyukai buah ini karena buahnya yang sangat manis sekali. Bagi para penderita diabetes, mengkonsumsi buah kurma harus sedikit dibatasi karena kandungan gula yang ada di dalamnya.

Tidak hanya buah kurma yang berwarna coklat yang sering dikonsumsi masyarakat, kurma muda pun bagus dikonsumsi dengan beragam manfaat yang terkandung di dalamnya. Mungkin belum banyak yang tahu mengenai buah kurma muda ini. Pada negara asalnya, jenis kurma muda sangat melimpah dijual dipasaran, namun di indonesia kurma muda belum terjual bebas dipasaran.

Jika anda ingin membeli kurma muda atau kurma yang setengah matang, anda bisa membelinya langsung kepada kami, silahkan hubungi kami melalui whatsapp.

Kandungan Gizi Buah Kurma Muda

Secara umum, kurma muda memiliki sedikit kalori serta gula dibandingkan dengan kurma Matang (Kurma kering/tamr). Setiap 100 gram kurma matang mengandung sebanyak 284 kalori, sedangkan kurma muda dengan takaran yang sama mengandung sebanyak 142 kalori.

Selain itu, kandungan serat, protein, dan air pada kurma muda jauh lebih banyak dibandingkan dengan kurma kering. Meskipun demikian, keduanya sama-sama mengandung mineral penting bagi tubuh.

Beberapa mineral penting bagi tubuh yang terkandung pada buah kurma antara lain:

  • Kalium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Magnesium

Selain itu, kurma juga mengandung zat gizi lain seperti :

  • Zat besi
  • Vitamin B6
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Antioksidan seperti fenolik, karoten, avanoid, serta anthocyanin
  • Folat

Jenis dan Rasa Kurma Muda Segar

Bagi anda yang belum pernah mengkonsumsi buah kurma muda, pasti sangat penasaran dengan rasa dari buah tersebut. Berikut ini jenis dan rasa dari kurma muda:

1. Kurma Muda Hijau

Biasa dipanen pada awal bulan Ramadhan, akan tetapi jenis kurma muda satu ini memiliki masa panen yang tidak lama. Kurma muda hijau merupakan buah kurma yang mulai matang dapat dikatakan tingkat kematangan mencapai 25%. Kurma muda hijau memiliki rasa sepet-sepet manis dan saat dikunyah berbunyi kres-kres seperti apel.

2. Kurma Muda Merah dan Kuning

Untuk kurma muda kuning dan kurma muda merah pada umumnya dapat dipanen sekitar bulan syawal atau hari raya Idul Fitri hingga musim haji selesai. Untuk kurma muda yang berwarna merah dan kuning memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan kurma muda hijau meskipun masih ada rasa sepetnya. Kurma muda merah dan kuning dapat dikatakan sudah matang 50% saat dikunyah masih bunyi kres-kres.

Biasanya para pembeli paling suka rasa kurma muda yang berwarna kuning karena rasanya yang manis segar sedikit sepat.

Untuk memperoleh manfaat kurma muda, dapat anda konsumsi langsung layaknya menikmati buah pada umumnya. Akan tetapi, bagi anda yang kurang suka dengan rasa kurma muda yakni manis-manis sepet, anda dapat mencampurkannya dengan madu atau susu dengan cara diblender atau anda juga dapat mengkonsumsi kurma muda dengan menambahkan sambal rujak.