Sari kurma bukan hanya berguna bagi orang yang sakit saja, melainkan sangat berguna bagi kesehatan tubuh, yaitu dapat menangkal berbagai macam penyakit. Manfaat sari kurma untuk ibu menyusui juga dapat kita ketahui dari berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya.

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Menyusui

Sari kurma tentu mempunyai khasiat atau manfaat yang baik bagi tubuh. Selain dapat menangkal berbagai macam penyakit, sari kurma juga dapat berguna bagi ibu yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan karena kandungan zat yang terkandung sangatlah banyak, diantaranya:

  • Kalium
  • Serat
  • Mineral
  • Vitamin
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Sulfur
  • Tembaga

Semua kandungan yang terdapat di sari kurma tersebut sangat berkhasiat bagi metabolisme tubuh yang merupakan manfaat sari kurma untuk ibu menyusui. Berikut adalah beberapa manfaat dari sari kurma untuk ibu menyusui. Diantaranya:

1. Melancarkan Produksi ASI

Ketika menyusui, semua ibu akan mengharapkan jika produksi ASI lancar dan dapat memenuhi kebutuhan sang buah hati. Buah hati akan menerima asupan makanan dengan baik jika asupan ASI juga terpenuhi dengan cukup. Sebaliknya, jika produksi ASI yang tidak lancar akan menjadi masalah tersendiri bagi ibu dan buah hati.

Dengan konsumsi sari kurma 2 sendok makan selama dua kali sehari, akan meningkatkan ASI yang diproduksi dengan jumlah yang relatif banyak. Vitamin A yang terkandung di dalam buah kurma sangat berkhasiat untuk proses produksi ASI. Sehingga akan menghasilkan ASI yang berkualitas bagi sang buah hati.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat sari kurma untuk ibu menyusui tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI. Namun, bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Ibu yang menyusui terkadang mengalami gangguan pada sistem pencernaannya. Oleh karena itu, ibu menyusui sebaiknya rutin mengkonsumsi sari kurma selama pagi dan sore hari agar memperlancar proses pembuangan sisa makanan.

Ibu menyusui yang mengalami sembelit ataupun diare dapat segera teratasi. Ibu menyusui sebaiknya menghindari masalah yang dapat mengganggu kesehatan tubuh karena dapat berpengaruh juga dengan kesehatan buah hati.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ibu yang sehat, maka akan menciptakan buah hati yang sehat pula. Hal itu sangat berlaku bagi ibu yang masih dalam tahap menyusui. Apabila daya tahan tubuh sang ibu mudah terganggu, maka akan menyebabkan nutrisi yang ditransfer ke buah hati pun menjadi terganggu.

Ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan menambah sari kurma sebagai asupan yang baik setiap harinya. Hal ini dikarenakan jika sari kurma mengandung banyak vitamin yang merupakan manfaat sari kurma untuk ibu menyusui, sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Terhindar dari Anemia

Anemia adalah penyakit yang terjadi karena kurangnya hemoglobin atau sel darah merah di dalam darah. Ibu yang sedang menyusui biasanya akan sering tidur larut atau bahkan mengalami tidur yang kurang teratur.

Hal tersebut biasanya terjadi karena buah hati yang rewel atau menyusui pada tengah malam. Oleh karena ibu, kondisi yang seperti itu akan cenderung membuat sang ibu kekurangan sel darah merah. Mengkonsumsi sari kurma secara teratur akan menjaga kesehatan sang ibu dari gangguan anemia.

5. Mengembalikan Energi Setelah Melahirkan

Energi yang terkuras setelah menjalani proses melahirkan harus segera dikembalikan seperti sedia kala. Manfaat sari kurma untuk ibu menyusui diperlukan karena sang ibu harus menyusui sang buah hati tercinta untuk pertama setelah melahirkan. Buah hati akan tercukupi asupan nutrisi dari proses menyusu pertamanya untuk mendapatkan ASI yang berkualitas.